Minggu, 03 Maret 2013

Peran Psikologi Industri dalam Teknik Industri



Tidak banyak yang tahu bahwa mata kuliah psikologi juga didapatkan dalam fakultas teknik, terutama Teknik Industri. Dalam Teknik Industri mata kuliah psikologi dikenal dengan Psikologi Industri. Psikologi erat kaitannya dengan ilmu tentang tingkah laku manusia dan lingkungannya, sehingga dalam psikologi industri lebih menekankan tentang pola tingkah laku dalam memahami motivasi pekerja dan tentang perilaku organisasi dalam perindustrian.

Ilmu Psikologi Industri lebih sering dipakai terutama dalam interview pekerja baru. Dalam tahap inilah, kadang banyak calon pekerja yang gagal setelah melampaui tes lainnya, karena sifat dari seseorang akan ketahuan pada saat di interview, apakah karakter seseorang sesuai dengan visi misi perusahaan , dan apakah orang tersebut dapat dikatakan bisa bekerja sama dengan perusahaan dapat diketahui. Selain itu, psikologi juga harus dimiliki pemimpin perusahaan sehingga dapat menjadi motivator bagi pegawai-pegawainya karena pemimpin perusahaan tidak boleh memperhatikan pekerja hanya dengan memberi upah, peralatan kerja, dan kondisi kerja yang baik saja melainkan harus mampu memberikan motivasi bagi pekerjanya dan menjadi teladan yang baik dan disegani. Penerapan Psikologi Industri yang bertanggungjawab dapat memecahkan problem yang menyangkut faktor manusia di perusahaan sehingga tujuan perusahaan yang ingin didapatkan dapat dicapai.

Menurut Pak Seta, dosen mata kuliah Psikologi Industri pada pertemuan lalu, beliau memiliki kriteria pekerjaan seseorang yang dapat dilihat dari IP yang diraihnya,
IPK > 3,2               : ilmuwan
IPK = 3,2               : karyawan
IPK < 3,2               : pengusaha

Dengan kriteria tersebut, Pak Seta sempat membuat kelas tertawa dengan bercandaanya “..... dengan lihat IP kalian kemarin jadi kalian bisa memutuskan untuk bertahan di Industri apa tidak, mumpung masih semester awal, untuk yang belum dari hati di Teknik Industri ya silahkan berfikir ulang.....”

Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi antar sesama individu dan kelompok sangat berperan penting dalam pembentukan psikologi seseorang. Semakin sering kita berinteraksi dan bekerjasama maka semakin banyak jaringan komunikasi yang kita miliki sehingga dapat memperluas koneksi yang kita miliki.


Demikianlah review mata kuliah Psikologi Industri Rabu, 27 Februari 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar