Rabu, 06 Maret 2013

Pentingnya Ilmu Psikologi


Psikologi industri biasanya mengalami tumpang tindih dengan ilmu lain. Hal ini dikarenakan Psikologi Industri merupakan ilmu terapan. Psikologi industri erat kaitannya dengan setting kerja, dimana setting kerja ini berpengaruh pada sistem, pimpinan dan pekerja. Ilmu psikologi itu dapat terjadi setiap adanya interaksi. Konteks interaksi tersebut mengarah pada interaksi orang dan lainnya sehingga dapat terbentuklah organisasi.  

Organisasi dapat didefinisikan dengan tiga kata yaitu sekelompok orang, sistem dan tujuan. Sekelompok orang maksutnya dalam satu organisasi harus terdiri dari lebih dari satu orang. Tidak mungkin dalam organisasi hanya terdiri dari seorang saja, itu tidak memungkinkan adanya interaksi dan komunikasi. Yang dimaksud sistem adalah, dalam organisasi harus ada sistem untuk dapat mewujudkan keinginan kelompok tersebut. Sistem ini dapat dilaksanakan dengan membentuk struktur organisasi sehingga organisasi tersebut dapat lebih jelas. Struktur organisasi itu kemudian dapat menopang kegiatan organisasi tersebut. Tujuan, tidak hanya di organisasi, setiap orangpun harus memiliki tujuan. Tujuan ini merupakan keinginan yang ingin dicapai suatu organisasi, dan berfungsi untuk mengarahkan kegiatan organisasi tersebut agar tidak menyimpang dari tujuan yang ingin dicapai itu. Jadi, secara garis besar, organisasi adalah sekelompok orang yang mimiliki kesamaan pemikiran dan membentuk suatu sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan bersama.

Dalam konteks sederhana, interaksi makhluk hidup dimulai dari diri sendiri ­→ keluarga → peer → komunitas/ group → nation →world. Self atau diri sendiri, ketika seseorang memendam perasaan jengkel ataupun dendam dan tidak dapat tersampaikan di keluarga maka akan berakibat pada tingkah laku terhadap teman sebaya (peer). Biasanya ditunjukan dengan pola sok jagoan diantara yang lainnya. Dari teman sebaya inilah kemudian mulai meluas ke komunitas / grup-grup tertentu. Disinilah pengaruh terbesar dapat diperoleh seseorang karena faktor lingkungan yang sangat dominan.  Kemudian akan berdampak ke lingkungan national bahkan mendunia. Peranan pengetahuan ilmu psikologilah yang menjadi faktor terbesar, karena psikologi ini belajar tentang manusia baik secara hereditel dan interaksi dengan manusia secara terus menerus dalam waktu lama dan membentuk perilaku yang dilakukan terus menerus akan menjadi karakter. Dengan memiliki pengetahuan ilmu psikologi ini seseorang dapat memilih mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang buruk untuk ditinggalkan. Dunia selalu berputar pada porosnya, dan kita adalah poros dunia kita sendiri. Maka, pandai-pandailah untuk memutuskan sesuatu yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar