Jumat, 05 April 2013

Sosialisasi Menunjang Suksesnya Organisasi


Setiap orang butuh bersosialisasi untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Sosialisasi ini dapat dilakukan dengan mengikuti organisasi-organisasi dilingkungannya. Bahkan tidak menutup kemungkinan organisasi yang sedang digelutinya dapat berkembang dan bermanfaat bagi orang lain.
Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya. Secara garis besar organisasi mempunyai tiga unsur yaitu orang-orang, kerjasama dan tujuan bersama-sama. Ketiga unsur tersebut saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan.  

Untuk dapat merealisasikan tujuannya, suatu organisasi harus memiliki visi , misi dan strategi. Visi merupakan cita - cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang. Sedangkan misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan visi. Strategi disebut juga planning, strategi merupakan salah satu fungsi manajer yg berkaitan dengan tindakan memilih berbagai alternatif terbaik yg akan dikerjakan untuk waktu yang akan datang untUk mencapai tujuan, kebijakan, prosedur, dan program yg diinginkan.  Bila digambarkan dalam sebuah diagram, organisasi dapat dijelaskan sebagai berikut :

Organisasi yang telah memiliki tujuan , kemudian akan memiliki visi dan misi untuk menunjang tujuannya, seluruhnya menjadi kasatuan dalam sistem yang terstruktur dan terukur, kemudian dicocokkan kembali apakah sudah sesuai dengan misi yang ingin dicapainya.

Organisasi sebagai suatu bentuk kehidupan dalam masyarakat juga mengalami perubahan, karena organisasi juga harus selalu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam tantangan sehingga untuk menghadapi tantangan tersebut dibutuhkan suatu pengembangan dalam organisasi tersebut. Pada dasarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana, terus menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk  meningkatkan evektifitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi.

Kegiatan organisasi di lingkup industri sangat luas. Inilah yang kadang menjadi pertimbangan yang cukup sulit bagi para lulusan industri untuk mencari pekerjaan. Namun, sebenarnya lulusan teknik industri tidak hanya berorientasi di perusahaan sebagai supervisor saja walaupun jabatan inilah yang sering dikatakan identik dengan para lulusan teknik industri. Disisi lain, tidak semua lulusan teknik industri berkeinginan menjadi orang kantoran yang terjebak sebagai supervisor atau pegawai. Banyak yang kemudian membelokkan arah dan membuka usaha sendiri. Cara inilah yang sering kita sebut berwirausaha. Untuk dapat berwirausaha, kita harus selalu berusaha untuk memulainya dari nol.

Ada beberapa cara untuk dapat sukses berwirausaha, yaitu :
1.      Belajar dari mentor
Belajar dari mentor dimaksukan untuk medapatkan berbagai pengalaman, karena pengalaman juga tidak hanya didapat dari diri sendiri, melainkan dapat juga dari orang lain. Selain itu melalui mentor kita dapat lebih memotivasi diri sendiri untuk dapat meniru  kesuksesannya atau bahkan lebih dari itu.
2.      Value
Value berhubungan dengan frekuensi kerja. Frekuensi kerja yang lebih disiplin dan rutin akan lebih cepat mendapatkan hasil yang baik juga
3.      Sosialisasi
Sosialisasi dapa dilakukan dengan cara bekerja sama dengan orang lain. Dari sosialisasi inilah kita akan mendapatkan kritik dan saran dari orang lain yang dapat kita jadikan cerminan untuk memerbaiki ke depannya kelak.
4.      Improve your self
Hidup itu adalah pilihan dan perjuangan, dimana perjuangan yang besar akan mendapatkan hadiah yang besar pula. Sehingga untuk dapat memperoleh hasil yang maksimal kita juga harus bekerja keras.

Selain itu, untuk dapat sukses, seseorang harus banyak-banyak belajar pada lingkungan dan berani mencari resiko dan mencoba segala sesuatunya dari nol. Karena nol adalah awal bagi segala kemungkinan, seseorang tidak akan bisa meraih apapun kalau tidak berangkat dari nol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar